Jumat, 30 September 2016

LAPORAN PELAKSANAAN, EVALUASI (PENILAIAN), ANALISIS DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG BIMBINGAN DAN KONSELING

LAPORAN
PELAKSANAAN, EVALUASI (PENILAIAN), ANALISIS DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik pelaksanaan             : Tidak senang dengan guru mata pelajaran IPS

B.     Spesifikasi Kegiatan                    
1.      Bidang Pengembangan           : Pribadi
2.      Jenis layanan/pendukung        : Layanan konseling individual
3.      Fungsi layanan/pendukung     :Pengentasan dan pencegahan
4.      Sasaran Layanan/pendukung  :YC

C.     Pelaksanaan Layanan/Pendukung
1.      Hari/Tanggal                           : Selasa, 28 April 2015
2.      Tempat                                    : Ruang konseling SMP 18 Padang
3.      Deskripsi Masalah
Klien merupakan salah seorang siswa memiliki banyak materi pelajaran yang tidak tuntas. Dari hasil konseling individual diketahi bahwa penyebabnya yaitu dikarenakan ketika ujian  klien takut akan tidak tuntas ujian tersebut. Dan hal ini selalu mengganggu fikiran klien sehingga dia tidak mampu untuk berkonsentrasi menghafal materi dan mengikuti ujian.Ketika ujian tersebut hal yang difikirkannya yaitu takut tidak tuntas sehingga fikirannya tidak terfokus pada soal yang dikerjakannya. Hal ini membuat dirinya tidak bisa menjawab dengan benar. Dan pada akhirnya hasil belajar yang diperolehnya menjadi rendah.

4.      Proses
a.       Pengantaran
Proses pengantaran mengantarkan klien memasuki kegiatan konseling dengan segenap pengertian, tujuan, dan prinsip dasar yang menyertainya. Proses pengantaran ini ditempuh melalui kegiatan penerimaan yang bersuasana hangat, permisif, tidak menyalahkan, penuh pemahaman, dan penstrukturan yang jelas.


b.      Penjajakan
Sasaran  Penjajakan adalah hal-hal yang dikemukakan klien dan hal-hal lain perlu dipahami tentang diri klien. Hal-hal yang diungkapkan oleh klien:
                                                       a.      Klien tidak fokus ketika ujian berlangsung
                                                      b.         Klien takut tidak tuntas terhadap ujian yang sedang berlangsung
                                                       c.         Klien menjadi pesimis ketika ujian berlangsung
                                                      d.         Yang ada di fikiran klien hanyalah takut tidak bisa menjawab soal ujian
                                                       e.         hasil belajar klien menurun

c. Penafsiran
a)Klien merasa menyesal karena
b)                        Klien tidak ingin membenci gurunya
c)Klien ingin bersemangat untuk belajar
d)                        Klien akan menjadikan ketakutan menjadi motivasi diriya agar bisa menyelesaikan ujiannya.

E.Evalusi (Penilaian)
Penilaian yang dilaukan terhadap klien adalah dengan cara menanyakan langsung  pada klien dengan menanyakan  langsung pada klien yang berkenaan dengan UCA:
1.      Understending (Pemahaman)
a.       Klien memahami bahwa sikapnya yang tidak menyukai guru mata pelajaran IPS tersebut ada salah jika klien tidak berpikir negative terhadap guru tersebut maka klien tidak akan merasa hal yang demikian dan klien tetap dalam keadaan KES-T
b.      Klien memahami bahwa berpikiran negative tersebut yang membuat klien tidak menyukai guru tersebut.
2.      Confort (Perasaan)
Klien merasa senang dan lega karena merasa beban pikiran yang mengganggunya berkurang
3.      Action (Pelaksanaan)
Klien akan berusaha untuk berfikir positif dan membuang semua pikiran yang membuat ia membenci guru tersebut.


D.    Analisis Hasil Penelitian
1.      Cara-cara Analisis
a.       Mengalisis sikap klien dalam belajar dengan guru yang bersangkutan.
b.      Mengalisis tentang sikap klien ketika di kelas.
2.      Deskripsi dan komentar tentang hasil analisis
a.       Klien sering keluar kelas ketika belajar dengan guru tersebut.
b.      Klien tidak memperhatikan guru tersebut sewaktu menerangkan.
E.     Tindak Lanjut
1.      Cara Tindak Lanjut
a.       Melakukan layanan konseling lanjutan (Kontrak baru)
b.      Membahas sikap yang baik dan yang tidak baik
c.       Mengajak klien membahas dalam konseling kelompok (mendengar pendapat dan masukan dari teman
d.      Mendekati klien dalam rangka mengubah sikap-sikap negative klien
2.      Deskripsi Dan Tindak Lanjut
a.       Konseling  individual, lebih mengarah perubahan tingkah laku dan sikap positif
b.      Selalu memantau dengan cara pendekatan personal
c.       Membahas perubahan yang di temui

Mengetahui,
Guru Pamong




NILAM SARI
NIP. 1965343423678787
Padang,                    2015
Perencana Layanan





NIM/BP. 767433/2009




Tidak ada komentar:

Posting Komentar