LAPORAN
PELAKSANAAN,
EVALUASI (PENILAIAN), ANALISIS DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN/KEGIATAN
PENDUKUNG
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A. Topik
pelaksanaan : Tidak senang
dengan guru mata pelajaran IPS
B. Spesifikasi
Kegiatan
1.
Bidang Pengembangan : Pribadi
2.
Jenis layanan/pendukung : Layanan konseling individual
3.
Fungsi layanan/pendukung :Pengentasan dan pencegahan
4.
Sasaran Layanan/pendukung :YC
C. Pelaksanaan
Layanan/Pendukung
1.
Hari/Tanggal : Selasa, 28 April 2015
2.
Tempat :
Ruang konseling SMP 18 Padang
3.
Deskripsi Masalah
Klien
merupakan salah seorang siswa memiliki banyak materi pelajaran yang tidak
tuntas. Dari hasil konseling individual diketahi bahwa penyebabnya yaitu
dikarenakan ketika ujian klien takut
akan tidak tuntas ujian tersebut. Dan hal ini selalu mengganggu fikiran klien
sehingga dia tidak mampu untuk berkonsentrasi menghafal materi dan mengikuti
ujian.Ketika ujian tersebut hal yang difikirkannya yaitu takut tidak tuntas
sehingga fikirannya tidak terfokus pada soal yang dikerjakannya. Hal ini
membuat dirinya tidak bisa menjawab dengan benar. Dan pada akhirnya hasil
belajar yang diperolehnya menjadi rendah.
4.
Proses
a.
Pengantaran
Proses pengantaran mengantarkan klien memasuki kegiatan konseling dengan segenap pengertian, tujuan, dan prinsip dasar yang menyertainya. Proses pengantaran ini ditempuh melalui kegiatan penerimaan yang bersuasana hangat, permisif, tidak menyalahkan, penuh pemahaman, dan penstrukturan yang jelas.
Proses pengantaran mengantarkan klien memasuki kegiatan konseling dengan segenap pengertian, tujuan, dan prinsip dasar yang menyertainya. Proses pengantaran ini ditempuh melalui kegiatan penerimaan yang bersuasana hangat, permisif, tidak menyalahkan, penuh pemahaman, dan penstrukturan yang jelas.
b.
Penjajakan
Sasaran Penjajakan adalah hal-hal yang dikemukakan
klien dan hal-hal lain perlu dipahami tentang diri klien. Hal-hal yang diungkapkan oleh klien:
a. Klien tidak fokus ketika ujian berlangsung
b.
Klien takut tidak tuntas terhadap ujian yang
sedang berlangsung
c.
Klien menjadi pesimis ketika ujian berlangsung
d.
Yang ada di fikiran klien hanyalah takut tidak
bisa menjawab soal ujian
e.
hasil belajar klien menurun
c. Penafsiran
a)Klien
merasa menyesal karena
b)
Klien
tidak ingin membenci gurunya
c)Klien ingin bersemangat untuk belajar
d)
Klien
akan menjadikan ketakutan menjadi motivasi diriya agar bisa menyelesaikan
ujiannya.
E.Evalusi (Penilaian)
Penilaian yang dilaukan terhadap klien
adalah dengan cara menanyakan langsung
pada klien dengan menanyakan
langsung pada klien yang berkenaan dengan UCA:
1.
Understending (Pemahaman)
a. Klien
memahami bahwa sikapnya yang tidak menyukai guru mata pelajaran IPS tersebut
ada salah jika klien tidak berpikir negative terhadap guru tersebut maka klien
tidak akan merasa hal yang demikian dan klien tetap dalam keadaan KES-T
b. Klien
memahami bahwa berpikiran negative tersebut yang membuat klien tidak menyukai
guru tersebut.
2.
Confort (Perasaan)
Klien
merasa senang dan lega karena merasa beban pikiran yang mengganggunya berkurang
3.
Action (Pelaksanaan)
Klien
akan berusaha untuk berfikir positif dan membuang semua pikiran yang membuat ia
membenci guru tersebut.
D. Analisis Hasil Penelitian
1. Cara-cara
Analisis
a.
Mengalisis sikap klien dalam belajar dengan
guru yang bersangkutan.
b.
Mengalisis tentang sikap klien ketika di
kelas.
2. Deskripsi
dan komentar tentang hasil analisis
a.
Klien sering keluar kelas ketika belajar
dengan guru tersebut.
b.
Klien tidak memperhatikan guru tersebut
sewaktu menerangkan.
E. Tindak Lanjut
1. Cara
Tindak Lanjut
a.
Melakukan layanan konseling lanjutan
(Kontrak baru)
b.
Membahas sikap yang baik dan yang tidak
baik
c.
Mengajak klien membahas dalam konseling
kelompok (mendengar pendapat dan masukan dari teman
d.
Mendekati klien dalam rangka mengubah sikap-sikap
negative klien
2. Deskripsi
Dan Tindak Lanjut
a.
Konseling individual, lebih mengarah perubahan tingkah
laku dan sikap positif
b.
Selalu memantau dengan cara pendekatan
personal
c.
Membahas perubahan yang di temui
Mengetahui,
Guru
Pamong
NILAM
SARI
NIP.
1965343423678787
|
Padang,
2015
Perencana
Layanan
NIM/BP.
767433/2009
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar