![]() ![]() |
FORMAT MUTU
|
![]() |
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP) NEGERI PADANG
|
||
RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
KELAS VIII
SEMESTER 4 TAHUN 2015
|
Topik :
Cara Mengemukakan Pendapat di dalam kelas
Bidang Pengembangan : Pribadi, sosial, belajar,dan
karir
Jenis Layanan : Informasi
Fungsi :
Fungsi Pemahaman, pencegahan,
pengentasan dan pengembanagan pemeliharaan
Alokasi Waktu : 1x 40 Menit
Pihak Terkait :
Media/Alat :
Laptop dan Proyektor
Tujuan/Kompetensi yang ingin dicapai:
No
|
Kompetensi Dasar
|
Uraian Kompetensi Dasar/ Indikator
|
1
|
KD.
1
(Kompetensi
Religius)
|
1. Siswa
mensyukuri bahwa ia sudah dapat mengemukakan
pendapat di dalam kelas.
2. Siswa
menyadari bahwa pentingnya mengemukakan pendapat di dalam
kelas.
3. Siswa menyadari mengemukakan pendapat di dalam kelas merupakan hal
yang terpuji.
4. Siswa mensyukuri adanya peningkatan dalam mengemukakan pendapat di dalam
kelas.
|
2
|
KD.
2
(Kompetensi
Sosial)
|
Siswa menunjukkan perilaku rajin, disiplin, dan terarutur dalam mengemukakan pendapat di dalam kelas.
|
3
|
KD.
3 Sub Tema
(
Menghindari pengaruh negative dari teman sebaya)
|
1. Mengkomunikasikan
mengenai cara mengemukakan pendapat di dalam kelas yang
baik dan benar.
2. Menuliskan
langkah-langkah mengemukakan pendapat di dalam kelas dengan baik dan
benar.
3. Merefleksikan
rasa/perasaan setelah memahami cara
mengemukakan pendapat di dalam kelas.
4. Merumuskan
sikap sehubungan dengan tema mengemukakan pendapat di
dalam kelas.
5. Menegaskan
sikap yang akan dilakukan setelah melakukan layanan penguasa konten.
6. Menerapkan
tindakan yang akan dilakukan sehubungan dengan pemahaman mengemukakan pendapat di dalam kelas.
|
Pokok-Pokok Materi Layanan : Deskriptif
Hal
– hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan
cara mengemukakan pendapat di dalam kelas.
|
1. Menganalisa
sikap dan cara siswa dalam mengemukakan pendapat sewaktu
di dalam kelas.
2. Merancang
kegiatan yang akan di lakukan ketika mengemukakn
pendapat di dalam kelas.
1. Kriteria
mengemukakan pendapat yang baik dan benar sewaktu
didalam kelas.
|
Uraian
kegiatan/langkah-langkah : Konselor sebagai
fasilitator
Kegiatan
|
Metode
|
Uraian
Kegiatan Siswa
|
|
Pendahuluan
(Kegiatan
Awal)
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
1
|
Mengucapkan
salam dan membuka pelajaran, memandu
a) berdoa,
asmaul husna, membaca Al-quran (jika masuk jam pertama)
|
2
|
Memberi reward positif bagi siswa yang hadir
|
||
a)
Kompetensi Religius (mengkaitkan
tujuan/ topik dengan penerapan bidang agama)
b)
Kompetensi Sosial (mengkaitkan
tujuan/topik dengan pengembangan bidang sosial)
c)
Kompetensi topik
|
|||
3
|
Persepsi
tentang kaitan belajar dengan agama, masalah-
masalah
akibat orang yang tidak dapat mengemukakan pendapat di dalam kelas.
|
||
4
|
Mendiskusikan
pentingnya membahas materi “cara mengemukakan pendapat
di dalam kelas”
|
||
Kegiatan
inti
|
Mengamati
|
1
|
Mengkaitkan
fenomena yang ada dengan topik/ materi layanan
|
Merumuskan
pertanyaan/ sikap (BMB3)
|
2
|
Mengungkapkan
a)
Yang dipikirkan
b)
Yang dirasakan
|
|
Mengumpulkan
informasi
|
3
|
Mendiskusikan
apa yang dipikirkan dan dirasakan berkaitan dengan materi
|
|
Mengolah
Informasi
|
4
|
Mengolah
informasi yang telah didapatkan apa yang dipikirkan dan dirakan siswa terkait
dengan materi
|
|
Kesimpulan
|
5
|
Merumuskan
sikap sehubungan dengan materi
|
|
Mengubah
Perilaku
|
6
|
Merumuskan
tindakan sehubungan dengan materi
|
|
Penutup
|
Ceramah
dan tanya jawab
|
1
2
3
4
|
Merefleksi
Proses dan hasil layanan (Perasaan)
Mengevaluasi
hasil dan proses (Berpikir/ Kesimpulan)
a)
Lisan
b)
Tertulis
Menguatkan
komitmen (Sikap dan tindakan yang akan dilakukan)
Merencanakan
tindak lanjut (Tanggung Jawab)
|
Evaluasi
1.
Penilaian Proses :
Melalui
pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/ pelayanan untuk memperoleh
gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/ pelayanan yang
telah diselenggarakan. (Rubrik Penilaian)
2.
Penilaian Hasil :
Di
akhir proses pembelajaran siswa diminta mengungkapkan apa yang mereka peroleh
dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:
a.
Berfikir
Jelaskanlah
hal-hal apa saja yang perlu diketahui
tentang cara mengemukakan pendapat di dalam kelas.
(unsur A)
b.
Merasa
Bagaimana
perasaan siswa dengan adanya pembahasan tentang orang yang sukses dalam mengemukakan pendapat di dalam kelas. (unsur
R)
c.
Bersikap
Bagaimana
sikap siswa terhadap prestasi belajarnya (unsur K).
d.
Bertindak
Bagaimana
siswa mempersiapkan diri dan belajar dengan cara-cara terbaik untuk meningkatkan
prestasi belajarnya (unsur K dan unsur U).
e.
Bertanggung Jawab
Bagaimana
komitmen kesungguhan siswa dalam belajar dan mengarahkan diri dalam
meningkatkan prestasi belajarnya (unsur S).
Mengetahui Padang, 2015
Guru Pamong Guru
BK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar