Jumat, 30 September 2016

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL

tut wuri handayani.jpegLogo_Padang_thumb.png
FORMAT MUTU
logo konselor.jpeg
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP) NEGERI  PADANG
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
KELAS VIII SEMESTER 4 TAHUN 2015

Topik                                                   : Cara Mengemukakan Pendapat di dalam kelas
Bidang Pengembangan                       : Pribadi, sosial, belajar,dan karir
Jenis Layanan                                      : Informasi
Fungsi                                                 : Fungsi Pemahaman, pencegahan, pengentasan dan  pengembanagan pemeliharaan
Alokasi Waktu                                    : 1x 40 Menit
Pihak Terkait                                       :
Media/Alat                                          : Laptop dan Proyektor
Tujuan/Kompetensi yang ingin dicapai:
No
Kompetensi Dasar
Uraian Kompetensi Dasar/ Indikator
1
KD. 1
(Kompetensi Religius)
1.      Siswa mensyukuri bahwa ia sudah dapat mengemukakan pendapat di dalam kelas.
2.      Siswa menyadari bahwa pentingnya mengemukakan pendapat di dalam kelas.
3.      Siswa menyadari mengemukakan pendapat di dalam kelas merupakan hal yang terpuji.
4.      Siswa mensyukuri adanya peningkatan dalam mengemukakan pendapat di dalam kelas.
2
KD. 2
(Kompetensi Sosial)
Siswa menunjukkan perilaku rajin, disiplin, dan terarutur dalam mengemukakan pendapat di dalam kelas.
3
KD. 3 Sub Tema
( Menghindari pengaruh negative dari teman sebaya)
1.      Mengkomunikasikan mengenai cara mengemukakan pendapat di dalam kelas yang baik dan benar.
2.      Menuliskan langkah-langkah mengemukakan pendapat di dalam kelas dengan baik dan benar.
3.      Merefleksikan rasa/perasaan setelah memahami cara mengemukakan pendapat di dalam kelas.
4.      Merumuskan sikap sehubungan dengan tema mengemukakan pendapat di dalam kelas.
5.      Menegaskan sikap yang akan dilakukan setelah melakukan layanan penguasa konten.
6.      Menerapkan tindakan yang akan dilakukan sehubungan dengan  pemahaman mengemukakan pendapat di dalam kelas.
Pokok-Pokok Materi Layanan                                : Deskriptif
Hal – hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan cara mengemukakan pendapat di dalam kelas.
1.      Menganalisa sikap dan cara siswa dalam mengemukakan pendapat sewaktu di dalam kelas.
2.      Merancang kegiatan yang akan di lakukan ketika mengemukakn pendapat di dalam kelas.
1.      Kriteria mengemukakan pendapat yang baik dan benar sewaktu didalam kelas.

Uraian kegiatan/langkah-langkah : Konselor sebagai fasilitator
Kegiatan
Metode
Uraian Kegiatan Siswa
Pendahuluan
(Kegiatan Awal)
Ceramah dan tanya jawab
1







Mengucapkan salam dan membuka pelajaran, memandu
a)   berdoa, asmaul husna, membaca Al-quran (jika masuk jam pertama)
2
Memberi reward positif bagi siswa yang hadir

a)      Kompetensi Religius (mengkaitkan tujuan/ topik dengan penerapan bidang agama)
b)      Kompetensi Sosial (mengkaitkan tujuan/topik dengan pengembangan bidang sosial)
c)      Kompetensi topik
3
Persepsi tentang kaitan belajar dengan agama, masalah-
masalah akibat orang yang tidak dapat mengemukakan pendapat di dalam kelas.


4
Mendiskusikan pentingnya membahas materi “cara mengemukakan pendapat di dalam kelas
Kegiatan inti
Mengamati
1
Mengkaitkan fenomena yang ada dengan topik/ materi layanan
Merumuskan pertanyaan/ sikap (BMB3)
2
Mengungkapkan
a)      Yang dipikirkan
b)      Yang dirasakan
Mengumpulkan informasi
3
Mendiskusikan apa yang dipikirkan dan dirasakan berkaitan dengan materi
Mengolah Informasi
4
Mengolah informasi yang telah didapatkan apa yang dipikirkan dan dirakan siswa terkait dengan materi
Kesimpulan
5
Merumuskan sikap sehubungan dengan materi
Mengubah Perilaku
6
Merumuskan tindakan sehubungan dengan materi
Penutup
Ceramah dan tanya jawab
1
2


3

4
Merefleksi Proses dan hasil layanan (Perasaan)
Mengevaluasi hasil dan proses (Berpikir/ Kesimpulan)
a)      Lisan
b)      Tertulis
Menguatkan komitmen (Sikap dan tindakan yang akan dilakukan)
Merencanakan tindak lanjut (Tanggung Jawab)

Evaluasi
1.      Penilaian Proses    :
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/ pelayanan untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/ pelayanan yang telah diselenggarakan. (Rubrik Penilaian)

2.      Penilaian Hasil      :
Di akhir proses pembelajaran siswa diminta mengungkapkan apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:
a.       Berfikir
Jelaskanlah hal-hal apa saja  yang perlu diketahui tentang cara mengemukakan pendapat di dalam kelas. (unsur A)
b.      Merasa
Bagaimana perasaan siswa dengan adanya pembahasan tentang orang yang sukses dalam mengemukakan pendapat di dalam kelas. (unsur R)
c.       Bersikap
Bagaimana sikap siswa terhadap prestasi belajarnya (unsur K).
d.      Bertindak
Bagaimana siswa mempersiapkan diri dan belajar dengan cara-cara terbaik untuk meningkatkan prestasi belajarnya (unsur K dan unsur U).
e.       Bertanggung Jawab
Bagaimana komitmen kesungguhan siswa dalam belajar dan mengarahkan diri dalam meningkatkan prestasi belajarnya (unsur S).


Mengetahui                                                                                         Padang,                       2015
Guru Pamong                                                                                      Guru BK






Tidak ada komentar:

Posting Komentar