LAPORAN
PELAKSANAAN,
EVALUASI (PENILAIAN), ANALISIS DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN/KEGIATAN
PENDUKUNG
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A. Topik
Permasalahan : Tidak
menyukai teman sekelas
B. Spesifikasi
Kegiatan
1.
Bidang pegembangan : Pribadi
2.
Jenis Layanan : Konseling Kelompok
3.
Fungsi Layanan :Pemahaman, Pengembangan, Pencegahan dan
Pengentasan Masalah
4.
Sasaran Layanan : Siswa kelas VIII.4
C. Pelaksanaan
Layanan
1.
Hari/Tanggal :
2.
Tempat :
Ruang Kelas VIII.4
3.
Deskripsi dan Komentar tentang
Pelaksanaan Layanan:
a. Tahap
Pembentukan
-
Pemimpin kelompok membuka kegiatan
dengan mengucapkan salam
-
Pemimpin kelompok mengucapkan
terimakasih atas kesediaan peserta didik untuk datang dalam mengikuti kegiatan
layanan ini
-
Pemimpin kelompok mengajak anggota
kelompok berdo’a bersama
-
Pemimpin kelompok menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat serta teknik dan pelaksanaan konseling kelompok
-
Pemimpin kelompok menjelaskan asas-asas
bimbingan kelompok dan yang harus ditekankan adalah azaz kerahasiaan
-
Pemimpin kelompok menjelaskan cara pelaksanaan
konseling kelompok yang meliputi
Ø Pemimpin
anggota kelompok duduk secara melingkar
Ø Anggota
kelompok menegemukakan masalah pribadinya yang dialami saat ini
Ø Setiap
anggota berpartisipasi aktif dalam membahas permasalahan
-
Pemimpin kelompok memperkenalkan diri
kemudian diikuti oleh anggota kelompok
-
Pemimpin kelompok dan anggota kelompok
secara bersama mengucapkan janji konseling
-
Untuk mengakhiri tahap pembentukan ini
didakan sebuah permainan rangkaian nama untuk menambah keakraban kelompok
b. Tahap
Peralihan
-
Pemimpin kelompok menjelaskan kembali
tentang kegiatan konseling kelompok
-
Melakukan tanya jawab tentang kesiapan
anggota kelompok mengikuti kegiatan
-
Pemimpin kelompok mengemukakan
masing-masing masalah pribadi mereka dan memilih secara bermusyawarah masalah
siapa yang akan dibahas
c. Tahap
Kegiatan
Pemimpin
kelompok melanjutkan kegiatan yaitu anggota kelompok mengemukakan permasalahan
yang ingin dibahas. Anggota kelompok menyampaikan permasalahan masing-masing.
Dan setelah dibahas akhirnya masalah yang akan di bahas adalah masalah MT yaitu
masalah tidak menyukai teman sekelas.
Beberapa inti
pokok yang dibahas adalah :
-
Sering berkelahi dengan teman sekelas.
-
Sering mejek-ejek atau di ejek teman
sekelas.
-
Merasa tidak nyaman di dalam kelas
karena ada teman yang tidak di sukai.
Beberapa solusi dan tindak lanjut yang dikemukakan
anggota kelompok terhadap topik permasalahan diantaranya adalah:
-
Tidak usah menghiraukan teman yang
mengejek –ejek dan mengganggu kamu. Karena kalau di hiraukan, ia akan
menjadi-jadi untuk meejek dan mengganggu. Kalau dibalas dengan diam saja, nanti
dia akan capek sendiri untuk mengganggu dan meejek-ejek.
-
Cobalah berfikir positif, dan cobalah
untuk berteman dengannya. Ada pepatah yang bilang tak kenal maka tak sayang,
karena kamu blm mengenal dan tidak ingin mengenalnya maka kamu sering berfikir
negative dengannya.
d. Tahap
Pengakhiran
-
Pemimpin kelompok menjelaskan bahwa
kegiatan kelompok akan berakhir
-
Anggota kelompok mengemukakan kesan,
pesan dan menilai kemajuan masing-masing anggota kelompok selama kegiatan
kelompok
-
Membahas kegiatan lanjutan, yaitu
mengatur waktu kapan akan melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok selanjutnya
-
Menutup kegiatan dengan mengucapkan
hamdalah dan salam
D. Penilaian
1.
Cara-cara penilaian
Penilaian
pada kegiatan konseling kelompok ini
dilihat dari segi pelaksanaan layanan seperti keaktifan anggota kelompok dalam
mengemukakan pendapat dan pemahaman yang didapat oleh masing-masing anggota
kelompok.
2.
Deskripsi dan komentar tentang hasil
penilaian
Dari
pelaksanaan kegiatan konseling kelompok, anggota kelompok sudah aktif secara
leseluruhan dalam mengemukakan pendapat dan komentarnya serta saling berbagi
dan membantu antara satu dengan yang lain tentang apa yang menjadi
permasalahan. Berdasarkan pendapat yang disampaikan anggota kelompok terlihat
bahwa mereka telah memahami topic yang di bahas.
Mengetahui,
Guru
Pamong
NIP.
|
Padang,
2015
Perencana
Layanan
NIM/BP.
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar