Jumat, 30 September 2016

LAPORAN PELAKSANAAN, EVALUASI (PENILAIAN), ANALISIS DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG BIMBINGAN DAN KONSELING

LAPORAN
PELAKSANAAN, EVALUASI (PENILAIAN), ANALISIS DAN TINDAK LANJUT SATUAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING


A.    Topik Permasalahan                      : Tidak menyukai teman sekelas
B.     Spesifikasi Kegiatan
1.      Bidang pegembangan             : Pribadi
2.      Jenis Layanan                          : Konseling Kelompok
3.      Fungsi Layanan                       :Pemahaman, Pengembangan, Pencegahan dan Pengentasan Masalah
4.      Sasaran Layanan                     : Siswa kelas VIII.4
C.     Pelaksanaan Layanan
1.      Hari/Tanggal                           :
2.      Tempat                                    : Ruang Kelas VIII.4
3.      Deskripsi dan Komentar tentang Pelaksanaan Layanan:
a.       Tahap Pembentukan
-          Pemimpin kelompok membuka kegiatan dengan mengucapkan salam
-          Pemimpin kelompok mengucapkan terimakasih atas kesediaan peserta didik untuk datang dalam mengikuti kegiatan layanan ini
-          Pemimpin kelompok mengajak anggota kelompok berdo’a bersama
-          Pemimpin kelompok menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat serta teknik dan pelaksanaan konseling kelompok
-          Pemimpin kelompok menjelaskan asas-asas bimbingan kelompok dan yang harus ditekankan adalah azaz kerahasiaan
-          Pemimpin kelompok menjelaskan cara pelaksanaan konseling kelompok yang meliputi
Ø  Pemimpin anggota kelompok duduk secara melingkar
Ø  Anggota kelompok menegemukakan masalah pribadinya yang dialami saat ini
Ø  Setiap anggota berpartisipasi aktif dalam membahas permasalahan
-          Pemimpin kelompok memperkenalkan diri kemudian diikuti oleh anggota kelompok
-          Pemimpin kelompok dan anggota kelompok secara bersama mengucapkan janji konseling
-          Untuk mengakhiri tahap pembentukan ini didakan sebuah permainan rangkaian nama untuk menambah keakraban kelompok
b.      Tahap Peralihan
-          Pemimpin kelompok menjelaskan kembali tentang kegiatan konseling kelompok
-          Melakukan tanya jawab tentang kesiapan anggota kelompok mengikuti kegiatan
-          Pemimpin kelompok mengemukakan masing-masing masalah pribadi mereka dan memilih secara bermusyawarah masalah siapa yang akan dibahas
c.       Tahap Kegiatan
Pemimpin kelompok melanjutkan kegiatan yaitu anggota kelompok mengemukakan permasalahan yang ingin dibahas. Anggota kelompok menyampaikan permasalahan masing-masing. Dan setelah dibahas akhirnya masalah yang akan di bahas adalah masalah MT yaitu masalah tidak menyukai teman sekelas.
Beberapa inti pokok yang dibahas adalah :
-          Sering berkelahi dengan teman sekelas.
-          Sering mejek-ejek atau di ejek teman sekelas.
-          Merasa tidak nyaman di dalam kelas karena ada teman yang tidak di sukai.

Beberapa solusi dan tindak lanjut yang dikemukakan anggota kelompok terhadap topik permasalahan diantaranya adalah:
-          Tidak usah menghiraukan teman yang mengejek –ejek dan mengganggu kamu. Karena kalau di hiraukan, ia akan menjadi-jadi untuk meejek dan mengganggu. Kalau dibalas dengan diam saja, nanti dia akan capek sendiri untuk mengganggu dan meejek-ejek.

-          Cobalah berfikir positif, dan cobalah untuk berteman dengannya. Ada pepatah yang bilang tak kenal maka tak sayang, karena kamu blm mengenal dan tidak ingin mengenalnya maka kamu sering berfikir negative dengannya.

d.      Tahap Pengakhiran
-          Pemimpin kelompok menjelaskan bahwa kegiatan kelompok akan berakhir
-          Anggota kelompok mengemukakan kesan, pesan dan menilai kemajuan masing-masing anggota kelompok selama kegiatan kelompok
-          Membahas kegiatan lanjutan, yaitu mengatur waktu kapan akan melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok selanjutnya
-          Menutup kegiatan dengan mengucapkan hamdalah dan salam
D.    Penilaian
1.      Cara-cara penilaian
Penilaian pada kegiatan konseling  kelompok ini dilihat dari segi pelaksanaan layanan seperti keaktifan anggota kelompok dalam mengemukakan pendapat dan pemahaman yang didapat oleh masing-masing anggota kelompok.
2.      Deskripsi dan komentar tentang hasil penilaian
Dari pelaksanaan kegiatan konseling kelompok, anggota kelompok sudah aktif secara leseluruhan dalam mengemukakan pendapat dan komentarnya serta saling berbagi dan membantu antara satu dengan yang lain tentang apa yang menjadi permasalahan. Berdasarkan pendapat yang disampaikan anggota kelompok terlihat bahwa mereka telah memahami topic yang di bahas.

Mengetahui,
Guru Pamong





NIP.
Padang,                    2015
Perencana Layanan





NIM/BP.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar